Gubri Syamsuar: Segera Fokus Lakukan Evaluasi Total Pengendalian Karhutla Dengan Memprioritaskan Pencegahan

andy, 17 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

RIAU- Gubernur Riau, Syamsuar menjelaskan  sejak tadi malam hingga pagi ini bersama Bapak Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, dan jajaran Menteri/Kepala Lembaga terkait membahas banyak hal untuk menjadi catatan dan bahan evaluasi ke depan. 

"Kita harus segera fokus melakukan evaluasi total pengendalian karhutla dengan memprioritaskan pencegahan,"jelas Gubri Syamsuar, Selasa (17/09/2019) di Pekanbaru.

Semuanya hanya bisa tercapai, kata Ia, bilamana sama-sama bergerak seiring sejalan, saling bahu membahu, menghentikan perdebatan yang tidak perlu.

"Membuka diri dan berani melakukan langkah koreksi dari kelalaian yang masih terjadi,"tuturnya.

Saat ini, tambahnya, tim Satgas terus berjibaku memadamkan api di lahan gambut yang sangat sulit. Jumlah titik api di Riau, kata Ia,  memang lebih sedikit dari Provinsi lainnya di Sumatera. Namun karena arah angin dan faktor cuaca membuat asap menjadi lebih pekat dan mempengaruhi ISPU di seluruh Riau. 

"Untuk itu pemerintah terus melakukan berbagai upaya, termasuk melakukan water boombing dan hujan buatan. Hingga saat ini telah dilakukan lebih dari 210 kali sorti dengan sebanyak 163.216 Kg garam disemai untuk hujan buatan,"terangnya.

Upaya pemadaman terus dilakukan baik siang dan malam oleh tim Satgas dari BNPB, BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni, Swasta, MPA, relawan dan kelompok masyarakat lainnya. 

"Saya ucapkan terimakasih atas kerja keras dan dedikasi tim lapangan. Mari kita bantu ikhtiar ini dengan doa,"ujarnya.

Sementara itu, lanjut orang nomor satu di Riau ini,  telah diinstruksikan kepada seluruh Bupati/Walikota agar memberikan pelayanan terbaik pada seluruh warga dengan membuka posko evakuasi dan pemberian pengobatan gratis bagi korban karhutla. 

"Seluruh penanganan dampak bencana menjadi agenda prioritas utama saya saat ini,"katanya.

Syamsuar menegaskan terus mengikuti dinamika sosial di tengah masyarakat. 

"Salam dari hati terdalam untuk segenap masyarakat yang mungkin saat ini belum dapat saya temui satu persatu, terutama di daerah-daerah terpapar bencana. Meski belum dapat bersua langsung, percayalah dan yakinlah, saat ini segenap ikhtiar terbaik sedang kita lakukan agar bencana asap dampak karhutla ini segera berlalu,"tegasnya.

"Ini adalah Riau-ku, Riau-mu dan Riau kita bersama. Hanya kebersamaan yang akan membawa kita keluar dari bencana, lalu mengambil ikhtibar, sekaligus belajar agar bencana serupa dapat dihindari di masa yang akan datang. Hanya Dia tempat segala pinta dan tempat berpulang untuk segala usaha. Semoga Allah SWT meridhoi setiap ikhtiar yang kita lakukan. Aamiin,"tandasnya. (andy)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu