Jumlah Penduduk Terus Bertambah, Kota Pekanbaru Sudah Capai Angka Ini

Jumlah Penduduk Terus Bertambah, Kota Pekanbaru Sudah Capai Angka Ini

PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat bahwa pertumbuhan penduduk Riau sudah mencapai angka 6, 39 juta jiwa, hasil sensus penduduk (SP) bulan September 2020. Terlihat penambahan jumlah penduduk rata-rata setiap tahun sebanyak 85, 57 ribu. 

Menurut Kepala BPS Provinsi Riau Misparuddin, data tersebut berdasarkan hasil Sensus Penduduk yang dilakukan BPS pada 2020 lalu. 

“Riau dengan luas daratan sebesar 87, 02 ribu kilometer persegi, maka kepadatan penduduk Provinsi Riau sebanyak 73 jiwa per kilometer persegi", jelasnya, Jumat, (22/01/2021). 

Selain itu, angka ini meningkat dari hasil sensus penduduk pada 2000 yang mencatat kepadatan penduduk Provinsi Riau sebanyak 45 jiwa per kilometer persegi dan hasil sensus penduduk 2010 yang mencapai 64 jiwa per kilometer persegi.

“Sebaran penduduk Provinsi Riau masih terkonsentrasi di Kota Pekanbaru. Meskipun luas geografis hanya sebesar 0, 73 persen wilayah Provinsi Riau, namun Kota Pekanbaru dihuni oleh 0, 98 juta jiwa atau 15, 38 persen penduduk Provinsi Riau", ungkapnya. 

Dia menambahkan, sebaran penduduk terbesar kedua terdapat di Kabupaten Kampar dengan jumlah penduduk sebanyak 0, 84 juta jiwa (13, 16 persen). Sementara Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kota Dumai mempunyai sebaran penduduk di bawah 5 persen penduduk Provinsi Riau.

“Hasil SP (Sensus Penduduk 2020) dibandingkan dengan SP 2010 memperlihatkan penambahan jumlah penduduk sebanyak 855, 72 ribu jiwa atau rata-rata sebanyak 85, 57 ribu setiap tahun", ungkapnya lagi. 

Misparuddin juga menjelaskan, perlambatan LPP pada periode 2010-2020 dibandingkan dengan dasawarsa sebelumnya dikarenakan meningkatnya daya tarik migrasi penduduk ke Provinsi Riau di periode 2000-2010.

“Pada periode ini juga terjadi alih fungsi perkebunan karet menjadi perkebunan sawit yang mengakibatkan pengurangan jumlah tenaga kerja", jelasnya.

Kemudian, rencana alih operasi blok rokan dari PT. Chevron Pacific Indonesia pada tahun 2021 juga turut menyumbang perlambatan laju pertumbuhan penduduk. 

“Khusus untuk daerah perkotaan, pandemi Covid-19 mengakibatkan banyaknya lokasi kos-kosan/kontrakan mahasiswa perguruan tinggi yang ditinggalkan penghuni ke daerah asalnya", tutupnya. (AA) 

Penduduk Riau Pekanbaru Nasional
Ade Aprizul

Ade Aprizul

Previous Article

Diduga Tak Miliki Izin, Tim Yustisi Kampar...

Next Article

Bantuan Kuota Internet Tahun 2020 Disalurkan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Satria Ferry Sonarya verified

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 56

Postingan Tahun ini: 512

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 51

Postingan Tahun ini: 156

Registered: Feb 19, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 43

Postingan Tahun ini: 248

Registered: Sep 22, 2020

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 27

Postingan Tahun ini: 182

Registered: Oct 22, 2020

Profle

Suhardi

Dahulukan Kepentingan Masyarakat Erman-Marfendi Tolak Mobil Dinas Baru
Gelar Aksi Demo di PLTA, Meski Tidak Diakui Oleh Depati 4 Alam Kerinci, Ujung Kerajaan Pagaruyung Ngotot Campur Urusan Adat 
Cuaca Ekstrim, BPBD Luwu Timur Himbau Warga Waspada
PLN Rayon Timur Palangka Raya Putus Jaringan Listrik Warga Seperti Debt Collector

Follow Us

Recommended Posts

Beroperasinya PT MAS Perkebunan Sawit Di Bengkalis Berdampak Air Sungai Keruh Warga Dirugikan
Karhutla Membara, Kapolda dan Istri Kembali Padamkan Karhutla di Kelemantan Bengkalis
Berikut Nama-Nama Pejabat yang Dilantik Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto
Hari Ini, Hotspot Di Kabupaten Bengkalis Nihil Tim Gabungan Masih Berupaya Padamkan Api 11 Lokasi
Kapolda Riau dan Istri Ikut Padamkan Api Di Tanjung Kapal-Rupat, Hendra Gunawan: Beliau Tak Segan Membaur Berikan Motivasi